Comments

www.rupiahqq.net

Trump : AS hengkang dari Perjanjian Paris, dunia kecewa

SeputarIndo24  -  Setelah bungkam sekian hari, Presiden Amerika Serikat Donald Trump akhirnya memutuskan hengkang dari Perjanjian Paris soal perubahan iklim diteken dua tahun lalu oleh Presiden Barack Obama. Dia menyatakan aturan di dalam kesepakatan itu merugikan bisnis dan para pekerja di AS.

"Demi memenuhi janji dan tugas saya buat melindungi Amerika Serikat dan segenap warganya, AS akan menarik diri dari Kesepakatan Iklim Paris, tetapi saya juga memulai negosiasi buat kembali membahas perjanjian itu dengan persyaratan yang adik buat AS," kata Trump dalam pidatonya di Taman Mawar Gedung Putih, seperti dilansir dari laman BBC, Jumat (2/6).

Trump menuduh Perjanjian Paris dibuat untuk menyulitkan dan memiskinkan AS. Menurut perhitungannya, kesepakatan itu bakal menyebabkan AS merugi hingga USD 3 triliun dan membikin 6,5 juta orang menganggur. Sedangkan menurut dia, negara lain seperti China dan India mendapat perlakukan berbeda.

Kesepakatan Paris diteken pada 2015 oleh AS dan 187 negara lain dengan tujuan buat menjaga suhu tetap 2 derajat Celcius di bawah level industri. Kemudian secara bertahap menekan hingga 1,5 derajat Celsius. Hanya Suriah dan Nikaragua tidak menandatangani perjanjian itu.

Trump berdalih langkah itu diambil karena dia berjanji pada kampanye presiden dia bakal mempertahankan industri batu bara dan dan minyak AS. Namun, langkah itu membuat negara-negara Eropa kecewa. Apalagi AS adalah penyumbang emisi global sebesar 15 persen. Mantan Presiden AS, Barack Obama, menilai langkah Trump adalah bentuk penolakan terhadap masa depan.

Tidak ada komentar