Comments

www.rupiahqq.net

Djarot tak yakin pemindahan ibu kota dilakukan 3 tahun ke depan

SeputarIndo24  -  Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyambut baik wacana pemindahan ibu kota negara Indonesia ke Palangkaraya. Sebab pemindahan itu membuat beban Jakarta berkurang.

"Kalau (rencana pemindahan ibu kota) seumpama itu (terjadi) kita justru malah lega," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Jakarta, Rabu (5/7).

Djarot mengaku DKI Jakarta siap kapan saja bila ibu kota negara berpindah ke Palangkaraya. Namun dia tak yakin bila pemindahan ibu kota negara itu bisa dilakukan dalam waktu dekat. 

"Rencana itu bagus tapi apa iya dalam waktu dekat bisa dipindah ke Palangkaraya, kalau kami dari DKI siap-siap saja tapi saya tidak yakin bisa dilakukan dalam waktu 1,2,3 tahun ini," kata Djarot.

Djarot menuturkan idealnya ibu kota negara memang fokus pada pusat pemerintahan. Di beberapa negara besar seperti Australia dan Belanda yang terpisah antara pusat pemerintahan dengan kota dagang, Kota Industri, kota pendidikan dan kota wisata. 

Sementara di Indonesia, Jakarta sebagai ibu kota justru menjadi kota yang segala ada. 

"Idealnya ibukota negara fokus sebagai kota pemerintahan, nah itu kan beberapa waktu lalu saya pernah katakan Jakarta itu kota segalanya ada, kota dagang, kota industri, kota pendidikan dan kota wisata juga," papar Djarot.

Tidak ada komentar