Comments

www.rupiahqq.net

MNC Bank target pertumbuhan kredit ritel 13 persen

SeputarIndo24  -  PT Bank MNC Internasional Tbk menggenjot ekspansi kredit pada sektor consumer dan ritel dengan target pertumbuhan 13 persen sepanjang tahun ini. Cukup ekspansifnya target ini karena permodalan bank milik Hary Tanoe ini semakin kuat.

Presiden Direktur MNC Bank, Benny Purnomo mengatakan, akhir tahun ini, modal inti MNC Bank ditargetkan naik menjadi Rp 2 triliun.

"Bank menargetkan penyaluran kredit tumbuh sekitar 13 persen (yoy) dengan fokus pada segmen consumer dan ritel. Sedangkan, penghimpunan dana pihak ketiga tumbuh sekitar 10 persen yang ditekankan pada peningkatan dana murah," katanya dalam keterangan tertulis kepada merdeka.com di Jakarta, Jumat (4/8).

Emiten berkode saham BABP tersebut sebelumnya telah mendapatkan restu pemegang saham untuk menggelar rights issue senilai Rp 500 miliar. Penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan demi meningkatkan aset produktif melalui penyaluran kredit, penempatan dana, dan pembelian surat berharga.

Selain memperkuat struktur permodalan, sambungnya, MNC Bank juga memiliki rencana strategis pada paruh kedua tahun ini untuk menggenjot kinerja perseroan. Kebijakan strategis jangka panjang yang mulai diterapkan mulai tahun ini diproyeksikan dapat meningkatkan kinerja bank.

Strategi MNC Bank antara lain peningkatan penyaluran pinjaman pada segmen consumer, ritel, dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta secara selektif dan prudent tetap mengembangkan segmen korporasi dan komersial. Dari total kredit saat ini, porsi kredit consumer mencapai 55 persen dan wholesale serta UMKM mencapai 45 persen

Kemudian, penghimpunan dana yang difokuskan pada dana murah (current account savings account/CASA) dengan memperhatikan tingkat likuditas yang sehat. MNC Bank menargetkan CASA dapat mencapai 18 persen dan deposito 82 persen dari posisi saat ini 17 persen berbanding 83 persen.

MNC Bank menghimpun DPK hingga Juni 2017 senilai Rp 9,4 triliun. "LDR bank kami jaga di level 84 persen-85 persen, tahun lalu 77 persen. Kami sengaja mengerem sedikit pertumbuhan dananya supaya LDR bisa lebih baik," tuturnya.

Segmen consumer dan ritel yang digenjot oleh MNC Bank terutama pada kredit pemilikan rumah (KPR) dan kartu kredit. Hingga Juni 2017, MNC Bank telah menyalurkan KPR sebesar Rp 1,4 triliun atau tumbuh sebesar 27 persen dari akhir 2016.

Selain KPR, produk consumer yang juga dikembangkan MNC Bank adalah kartu kredit. Perseroan membidik target penambahan sebanyak 200.000 kartu kredit baru hingga akhir tahun ini. Tercatat hingga Juni 2017, penambahan kartu kredit sudah mencapai 125.000 kartu.

Hingga saat ini MNC Bank telah memiliki kantor cabang sebanyak 73 kantor dan 96 ATM yang tergabung dalam 49.000 jaringan ATM Bersama dan juga efektif bergabung dijaringan ATM Prima yang memiliki lebih dari 96.000 ATM berlogo PRIMA yang tersebar diseluruh Indonesia. Selain itu

MNC Bank juga sudah meluncurkan mobile banking dan internet banking sehingga nasabah akan semakin mudah dalam melakukan transaksi. 

Tidak ada komentar